Tugas kuliah e-bussiness


Soal Tugas e-bissiness

Nama : KAKA NGGOBI
NIM : B220171004

1). Apa yg dimksde dg EAI, sebutkan pula           keuntungan dan kekurangannya !
2). Sebutkan manfaat e-bussiness dlm                  suatu  organisasi!
3). Apa saja tugas dan bentuk sebuah                    sistem informasi bisnniss!
4). Sebutkan manfaat e-bissines bagi                    konsumen.!
5). sebutkan komponen-komponen                       e-bussinnes!
6). Jelaskan empat peran "four                                intermediaries" dalam business ?
7). Salah satu topik pembahasan dalam               e-business adalah Supplay Chain                     manajemen yang disingkat dengan                 SCM., jelaskan apa yang kalian ketahui         ttng SCM!
8). Berikan contoh real bahwa e-business           ternyata merubah proses pemasaran             yang sebelumnya dilakukan                             konvensional beralih ke model digital!


JAWABAN

1). EAI (Enterprise Application Programs)
yaitu strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan dapat bertukar informasi.
     a. Keuntungan
  • Akses informasi antar sistem secara real-time
  • Merampingkan proses bisnis dan membantu meningkatkan efisiensiorganisasi
  • Menjaga integritas informasi di beberapa system
  • Kemudahan pembangunan dan pemeliharaan
  • Organisasi berkembang, kesatuan suatu sistem dari semua bagian dalam perusahaan akan membuat semua bagian dapat dengan cepat berkembang dibandingkan dengan suatu organisasi yang sistemnya tidak terintegrasi.
  • Meningkatkan efisiensi, efisiensi yaitu sesuatu yang berhubungan dengan biaya, jadi keefisienan akan membantu mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu dikeluarkan dengan adanya EAI.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan, tentu saja dengan sudahnya berkembangnya suatu organisasi, efisien, dan mungkin juga dengan pelayanan yang cepat maka pastilah akan mempengaruhi kepuasan pelanggan yang tentu saja akan membuat loyalitas dari pelanggan bagi perusahaan.
      b. Kekurangan
  • Tinggi biaya pengembangan awal, terutama untuk usaha kecil dan menengah (UKM)
  • Memerlukan desain bisnis yang cukup di awal, yang mana banyak manajer tidak dapat membayangkan atau tidak mau berinvestasi.

2). Manfaat e-bussines dalam organisasi 

Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang berguna  untuk menyajikan  sebuah informasi guna memberikan fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan.
Yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam sebuah organisasional perusahaan.
Berikut ini yang mencakup beberapa  peran sistem informasi sebuah organisasi adalah:
  • Memberikan  kualitas data yang tersaji secara tepat waktu bagi para pengguna,
  • Organisasi memakai sistem informasi guna  memproses transaksi-transaksi dalam organisasi,
  • Mengembangkan perencanaan yang efektif,
  • Guna mendukung pengambilan keputusan,
  • Guna perencanaan yang strategis, tujuannya guna  mengembangkan strategi suatu organisasi,
  • Menyediakan bagi yang mengelola organisasi data maupun yang menyangkut dengan pelaksanaan tugas organisasi,
  • Guna meneliti kebutuhan-kebutuhan keterampilan sebagai pendukung sistem informasi.
3). Sistem informasi di perlukan opeh sebuah perusahan sehingga efektif dan efesian dalam proses pengendalian dalam internal  perusahaan dari segi fungsi area bisnis. 

4). Manfaat e-business bagi konsumen


- Memungkin konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainny setiap saat (24 jam sehari) dan dimana saja
- Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
- Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk atau jasa yang lebih murah.
- Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalan electronic communities dan saling bertukar  gagasan serta pengalaman.

- Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon subtansional bagi pelanggannya.

5). Komponen-komponen e-bussiness

a.     Local Area Network (LAN)
Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal., seperti jaringan pada sekolah, kampus ataupun perkantoran.

b.  Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.

c.  Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network atau WAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

d.  Value Added Network (VAN)
Value Added Network atau VAN merupakan nilai tambah dari jaringan, domain atau wilayah pemasok transmisi biasa yang mencukup layanan pertukaran data elektronik, email dan layanan informasi.

e. Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, ataupun warung internet .

f. Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. 


6). Empat peran dalam bisnis

1.Mengenal Bisnis Anda
Sebelum benar-benar menuliskan rencana bisnis, Anda seharusnya sudah bisa mengenal dengan baik bisnis Anda. Dalam hal ini, pelajari dan pahami secara menyeluruh dan mendalam tentang bentuk, potensi dan segala tantangan yang ada pada bisnis Anda. Dalam tahap ini Anda bisa menggunakan teknik analisa SWOT yang telah kita bahas sebelumnya. Anda bisa mempelajari hal-hal terkait bisnis ini dengan banyak cara seperti membaca buku dan referensi lain, bertanya dan berdiskusi pada ahli atau orang yang telah melakukannya sebelum Anda dan lainnya.

       2. Tentukan Visi Dalam Business Plan
Setelah Anda mengenal dengan baik tentang bisnis Anda, maka langkah berikutnya adalah menentukan visi bisnis Anda. Visi yang merupakan pandangan jauh tentang tujuan dan sasaran perusahaan memang harus dimiliki seluruh pebisnis skala besar hingga skala kecil. Dengan adanya visi yang jelas, maka Anda tak akan kesulitan nantinya dalam merancang alur dari rencana bisnis Anda. Nyatakan visi bisnis dan perusahaan Anda dengan bahasa dan kalimat yang jelas dan mudah dimengerti oleh orang lain.
     3. Tentukan Audiens Anda
    Langkah berikutnya setelah memperoleh gambaran bisnis dan visi dengan jelas, Anda harus menentukan target audiens. Ya, dengan target audiens yang tepat, maka Anda bisa menyesuaikan konten business plan Anda dengan baik dan benar. Misalkan business plan untuk investor, maka Anda harus menyusun rencana bisnis tersebut dengan lebih serius, mendalam dan profesional.
     

      4.Saatnya Menuliskan Rencana Bisnis.          Anda

Terakhir, saat tiga tahapan diatas sudah Anda lakukan dengan baik, maka saatnya Anda tuliskan business plan Anda dengan urutan berikut :

  1. Pernyataan Misi. Jelaskan satu hingga tiga paragraf singkat berisi misi dan tujuan bisnis Anda, tuliskan pula prinsip-prinsip yang dianut bisnis Anda. Pada bagian ini Anda juga harus menyatakan keunikan atau unique selling point (USP) yang membedakan antara perusahaan atau bisnis Anda dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.
  2. Ringkasan Efektif. Tulislah sebuah ringkasan singkat satu sampai dua halaman dari bisnis Anda. Dengan adanya ringkasan, maka pembaca termasuk investor akan dimudahkan untuk bisa melihat potensi bisnis Anda dengan cepat dan efektif. Sebaliknya, tanpa ringkasan, pembaca akan cepat merasa bosan dan jenuh.
  3. Penawaran Produk atau Jasa. Selanjutnya tulis deskripsi produk atau jasa yang Anda tawarkan lengkap dengan harga yang Anda jual.
  4. Target Pasar. Jangan lupa juga untuk menuliskan target atau segmentasi pasar yang akan Anda sasar pada bisnis Anda. Tunjukkan bagaimana target pasar Anda akan membeli apa yang Anda tawarkan.
  5. Marketing Plan. Tuliskan pula rencana atau strategi pemasaran bisnis pada business plan Anda. Jelaskan secara rinci bagaimana biaya pemasaran, alasan pemilihan strategi pemasaran serta target capaian dari #strategi pemasaran tersebut.
  6. Analisis Industri dan Tingkat Persaingan.Tuliskan analisis yang lengkap dan menyeluruh terhadap bidang bisnis Anda berserta kompetisi atau tingkat persaingan dari bisnis Anda.
  7. Laporan Keuangan. Hal ini berisi tentang apapun terkait pembiayaan atau modal serta pendapatan yang ada pada bisnis Anda. Jika bisnis Anda telah berjalan beberapa tahun, maka cantumkan saja laporan keuangan neraca laba rugi dari bisnis Anda kepada calon investor.
  8. Resume of Company Principal. Penjelasan tentang struktur karyawan di perusahaan Anda juga bisa Anda tulis. Sertakan biografi dan latar belakang profesional dari semua karyawan yang signifikan dalam bisnis Anda.
  9. Penawaran Anda.Terakhir, tulislah penawaran serta paket-paket investasi yang Anda miliki pada calon investor.

7).Pengertian SCM 

Supply Chain Management (SCM) adalah serangkaian kegiatan yang meliputi koordinasi, penjadwalan, dan pengendalian terhadap pengadaan, produksi, persediaan dan pengiriman produk ataupun layanan jasa kepada pelanggan yang mencakup administrasi harian, operasi , logistik dan pengolahan informasi mulai dari customer hingga supplier.Untuk penjelasan singkatnya Supply Chain Management (SCM) adalah mekanisme yang menghubungkan semua pihak yang bersangkutan dan proses berubahnya bahan baku menjadi sebuah produk. Pihak yang ikut serta adalah yang bertanggung jawab untuk memberikan barang – barang jadi hasil produksi ke customer pada waktu dan tempat yang tepat dengan cara yang paling efisien.


8). Contoh real bussiness beralih ke digital

1. Salah satu topik pembahasan dalam e-business adalah Supplay Chain manajemen yang disingkat dengan SCM.
SCM adalah Semua fasilitas, fungsi, kegiatan yang berhubungan dengan aliran dan transformasi dari barang atau jasa dari bahan baku sampai konsumen seperti halnya arus informasi. dalam aliran tersebut ada yang dinamakan aliran informasi. bagaimana posisi dan peran strategis sebuah informasi dalam SCM?
2. Salah satu Konsep baru dalam SCM adalah e-procurement. e-procurement merupakan sistem pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi. bagaimana pandangan dan analisis saudara tentang sistem e-procurement? (syukur-syukur bisa disebutkan studi kasus/contohnya)

3. e-government Merupakan suatu mekanisme interaksi baru (moderen) antara pemerintah dengan masyarakat dan kalangan lain yang berkepentingan (stakeholder); dimana • Melibatkan penggunaan teknologi informasi (terutama internet); dengan tujuan • Memperbaiki mutu (kualitas) pelayanan publik. dalam implementasi sistem tidak jarang ditemukan berbagai kegagalan, kendala dan masalah. menurut saudara seperti apa masalah dalam e-government dan apa penyebabnya? dalam hal ini berikan studi kasus / contoh agar lebih mudah dipahami masalahnya.

4. konsep e-business tidak ada hanya berdampak pada proses aktifitas pemerintahan namun juga aktifitas jual-beli barang dan jasa. salah satu hal yang menarik diantaranya adalah hadirnya berbagai marketplace dengan konsep dan proses bisnis yang berbeda. berikanlah studi kasus / contoh model marketplace dan bagaimana strategi sukses “bermain” didalamnya

5. e-business ternyata merubah proses pemasaran yang sebelumnya dilakukan konvensional beralih ke model digital, yang dikenal dengan digital marketing. tidak hanya itu ebusiness juga berdampak pada proses manajemen layanan pelanggan (custumer relation management). bagaimana model digital marketing dapat berjalan dan bagaimana hubungannya dengan CRM.

6. pertanyaan tambahan dari e-procurement, ada lembaga khusus yang menangani hal ini yaitu LKPP, dalam pengembangan sistem e-procurement dikenal beberapa sistem yaitu, Sirup, LPSE, e-purchesing, e-cataloge dan lainnya, silakan di buka dan dianalisis, berikan pendapat anda terkait hal-hal yang berkaitan di delamnya, dari sudut pandang anda (bebas)













Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS- SISTEM BERKAS 2018

Tugas kuliah Sistem Operasi